#tips #kamera #analog #pemula

Tips Kamera Analog untuk Pemula

Meski saya sendiri bukanlah pemula kamera analog yang baik dan benar. Ada sedikit pengalaman dalam menggunakan dan mengkoleksi kamera analog yang ingin saya bagikan, khususnya untuk kamu yang ingin memulai motret menggunakan kamera analog.

Film is not dead

Pertanyaan pertama yang paling sering ditanyakan oleh orang tentang kamera analog adalah, "masih ada orang jual filmnya?" Jawabannya, "ya masih ada", asalkan kamu mencarinya ke tempat yang benar, bukan di pasar ikan atau di swalayan. Sesuai jargon yang sering dikumandangkan oleh para penggiat kamera analog "film is not dead" pada kenyataannya sejak saya mulai motret menggunakan kamera analog beberapa tahun yang lalu hingga saat ini, film 135 maupun 120 masih mudah dibeli secara online, meski harganya tidak semurah jaman orde lama.

Hati-hati diracuni

Kamera analog itu beracun, terutama pada proses developnya, bahkan ada beberapa lensa tua yang terbuat dari thorium mengandung radiasi nuklir, jadi bisa disimpulkan kamera analog itu sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan dompet. Ini tips yang paling penting menurut saya, karena biasanya saat kamu mulai mengenal kamera analog biasanya ada oknum yang secara sengaja meminjamkan kamera atau memberi rol film. Waspadalah karena dibalik kebaikan oknum tersebut, hanyalah modus untuk meracuni kamu.

Jadi manfaatkanlah kesempatan memakai kamera pinjaman dengan rol film gratisan tersebut sebaik-baiknya untuk mencoba-coba. Dimana kamu bisa memilih kamera analog seperti apa yang meningkatkan kadar kegantengan atau kecantikanmu, atau film apa yang menggugah selera makanmu.

Lebih baik menyesal membeli daripada menyesal tidak membeli

Tanda tanda keracunan kamera analog biasanya diawali dengan tremor saat melihat dagangan online kamera atau film. Bahkan bisa berakhir dengan penyesalan akut apabila keduluan SOLD ke orang lain. Sebaiknya